Minggu, 29 Maret 2015

Perkembangan Dan Klasifikasi



Perkembangan Dan Klasifikasi
Akuntansi Internasional adalah akuntansi untuk transaksi internasional, perbandingan prinsip akuntansi antar negara yang berbeda dan harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing dan bidang akuntansi lainnya. Akuntansi harus berkembang agar mampu memberikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan di perusahaan pada setiap perubahan lingkungan bisnis.
Beberapa karakteristik era ekonomi global yang ada dalam akuntansi internasional antara lain:
  • Bisnis internasional
  • Hilangnya batasan-batasan antar Negara era ekonomi global sering sulit untuk mengindentifikasi Negara asal suatu produk atau perusahaan, hal ini terjadi pada perusahaan multinasional
  • Ketergantungan pada perdagangan internasional
Dalam berkembangnya kesadaran terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan akuntansi dalam konteks global, para ahli ada yang berpendapat bahwa secara sistematis terdapat perbedaan pola perilaku akuntansi yang diterapkan di berbagai Negara. Tujuan pengklasifikasian adalah  dapat membantu mengetahui sejauh mana suatu sistem memiliki kesamaan dan perbedaan.
Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Dunia Akuntansi
Ada delapan faktor yang memiliki pengaruh signifikan dalam perkembangan dunia akuntansi :
1.      Sumber pendanaan
2.        Sistem hukum
3.      Perpajakan
4.      Ikatan politik dan ekonomi
5.       Inflasi
6.      Tingkat perkembangan ekonomi
7.       Tingkat pendidikan
8.       Budaya



Ada empat pendekatan terhadap perkembangan akuntansi, yaitu :

a.       Berdasarkan pendekatan makro ekonomi, praktek akuntansi didapatkan dari dan dirancang untuk meningkatkan tujuan makro ekonomi nasional

b.      Berdasarkan pendekatan mikro ekonomi, Akuntansi berkembang dari prinsip-prinsip mikro ekonomi. Fokusnya terletak pada perusahaan secara individu yang memiliki tujuan untuk bertahan hidup. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan harus mempertahankan modal fisik yang dimiliki. Juga sama pentingnya bahwa perusahaan memisahkan secara jelas modal dari laba untuk mengevaluasi dan mengendalikan aktivitas usaha. Pengukuran akuntansi yang didasarkan pada biaya penggantian sangat didukung karena paling sesuai dengan pendekatan ini.

c.       Berdasarkan pendekatan Independent, akuntansi berasal dari praktek bisnis dan berkembang secara ad hoc, dengan dasar perlahan-lahan dan pertimbangan, coba-coba dan kesalahan. Akuntansi dipandang sebagai fungsi jasa yang konsep dan prinsipnya diambil dari proses bisnis yang dijalankan dan bukan dari cabang keilmuan seperti ekonomi.

d.      Berdasarkan pendekatan yang Seragam, Akuntansi di standarisasi dan digunakan sebagai alat untuk kendali administrasi oleh pemerintah pusat. Keseragaman dalam pengukuran, pengungkapan dan penyajian akan memudahkan perancang pemerintah, otoritas pajak bahkan manajer untuk menggunakan informasi akuntansi dalam mengendalikan seluruh jenis bisnis. Secara umum, pendekatan seragam digunakan di Negara-negara dengan keterlibatan pemerintah yang besar dalam perencanaan ekonomi di mana akuntansi digunakan antara lain untuk mengukur kinerja, mengalokasikan sumber daya, mengumpulkan pajak dan mengendalikan harga.

Klasifikasi yang didasarkan pada penyajian wajar versus kepatuhan hukum menimbulkan pengaruh yang besar terhadap banyak permasalahan akuntansi seperti :
1.      Depresiasi
2.      Sewa guna usaha yang memiliki substansi pembelian aktiva tetap diperlakukan seperti itu (penyajian wajar)atau diperlakukan seperti sewa guna usaha operasi yang biasa (kepatuhan hukum)
3.        Pensiun dengan biaya yang diakrual pada saat dihasilkan oleh karyawan atau dibebankan menurut dasar dibayar pada saat berhenti kerja.

SOAL:
1.      Akuntansi untuk transaksi internasional, perbandingan prinsip akuntansi antarnegara yang berbeda dari harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing, dan bidang akuntansi lainnya, merupakan pengertian dari?
A.    Akuntansi Internasional
B.     Akuntansi Global
C.     Akuntansi Pemerintahan
D.     Akutansi Nasional
Jawaban: A
2.      Tujuan pengklasifikasian adalah?
A.      Dapat membantu mengetahui sejauh mana suatu sistem memiliki kesamaan dan perbedaan 
B.      Untuk mengetahui sejauh mana pengklasifikasian dapat dihentikan
C.      Bentuk-bentuk perkembangan sistem akuntansi suatu Negara dengan Negara lain serta   kemungkinannya untuk berubah
D.      Alasan mengapa suatu sistem mempunyai pengaruh dominan dibandingkan dengan yang lain
Jawaban: A
3.      Ada delapan faktor yang memiliki pengaruh signifikan dalam perkembangan dunia akuntansi kecuali ?
a.       Sumber pendanaan
b.      Sistem hukum
c.        Perpajakan
d.      Periklanan
Jawaban: D
4.      Klasifikasi akuntansi internasional dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan?
a.       Penyesuaian dan Penetapan
b.      Pertimbangan dan empiris
c.       Logika dan Empiris
d.      Rasional dan Pertimbangan
Jawaban : B
5.      Ada berapa pendekatan terhadap perkembangan akuntansi?
a.       3
b.      4
c.       6
d.      7
Jawaban: B

Daftar Pustaka:
Choi D.S. Frederick & Meek K. Gary. 2005. AKUNTANSI INTERNASIONAL, EDISI 5 BUKU 1. Jakarta : Salemba Empat.
http://indahdduy.blogspot.com/2013/04/perkembangan-dan-klasifikasi-akuntansi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar