Jumat, 13 April 2012

TUGAS 4


PEMBIAYAAN SEKTOR MIKRO DAN PEMBIAYAAN CORPORATE

Pembiayaan sering disebut juga dengan keuangan atau budgeting. Di dalam pengertian umum keuangan, kegiatan pembiayaan meliputi tiga hal yaitu:

1).Budgeting (penyusunan anggaran)
2).Acounting (pembukuan)
3).Auditing (pemeriksaan)

Yang dimaksud dengan Pembiayaan di dalam organisasi adalah semua urusan yang berkaitan dengan masalah dana atau apa saja yakni:

a).Pembiayaan yang berkaitan dengan jalannya organisasi itu sendiri
b).Pembiayaan yang berhubungan dengan operasi atau kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi.

PEMBIAYAAN SEKTOR MIKRO

Pembiayaan sektor mikro ialah kegiatan sektor keuangan berupa penghimpunan dana yang ditunjukan untuk masyarakat bawah hingga menengah. Pembiayaan sektor mikro mempunyai efek multiplayer yang cepat dalam meningkatkan ekonomi bangsa Indonesia. Di dalam pembiayaan mikro ada pembiayaan yang besar, seperti untuk perusahaan dan ada yang kecil. Ada pembiayaan untuk konsumtif ada pula pembiayaan untuk kegiatan produktif. Sektor ekonomi mikro itu ada yang produktif dan ada yang konsumtif.

PEMBIAYAAN CORPORATIVE
Corporate governance merupakan cara atau mekanisme untuk memberikan keyakinan pada para pemasok dana perusahaan akan diperolehnya return atas investasi. Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI, 2000) menyatakan bahwa CG adalah seperangkat peraturan yang menetapkan hubungan antara pemegang saham, pengurus, pihak kreditur, pemerintah, karyawan serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya sehubungan dengan hak-hak dan kewajiban mereka, atau dengan kata lain sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan.
PEMBIAYAAN YANG PALING MENGUNTUNGKAN
Menurut saya pembiayaan yang paling menguntungkan diantara sektor mikro dan corporate adalah pembiayaan sektor mikro karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pelaku usaha mikro. Karena efek multiplayernya lebih cepat dibandingkan dengan memberi pembiayaan kepada sektor besar. Dan sebagian besar perbankan di Indonesia memakai pembiayaan sektor mikro.
TANTANGAN PEMBIAYAAN SEKTOR MIKRO DAN PEMBIAYAAN CORPORATE
Tantangan pembiayaan sektor mikro dalam lembaga keuangan adalah mampu mengenali karakteristik pasar,melakukan cost monitoring,keterbatasan sumber dana jangka panjang dan lainnya. Sedangkan tantangan pembiayaan corporative adalah pembentukannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi,resiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bungan dan pokok utang.

Sumber :
http://www.untukku.com/artikel-untukku/pengertian-pembiayaan-untukku.html
http://www.tamzis.com/index.php?option=com_content&task=view&id=102&Itemid=9
http://pustakaakuntansiku.wordpress.com/2009/08/20/praktek-corporate-governance-terhadap-resiko-kredit-yield-surat-hutang-obligasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar